• BERKARYA DAN BERBAHAGIA: THE POPO DI PENJARINGAN

    BERKARYA DAN BERBAHAGIA: THE POPO DI PENJARINGAN

    Popoh menggambar mural karakternya di sebuah dinding besar di area Penjaringan. Setelah seluruh dinding terlapisi cat merah yang menjadi dasarnya, kemudian Popoh menggambar karakter-karakternya dengan cat putih. Jadilah dominasi merah putih di dinding tersebut. Bersama warga dan pemuda setempat, mural Popoh selesai dalam waktu yang lebih singkat. “Gue seneng banget karena para pemudanya sendiri yang menawarkan diri untuk ikut membuat mural. Awalnya mereka minta gue untuk ngajarin gimana caranya dan mereka bangga setelah melihat hasil yang mereka buat. Gue cuman perantara aja”. Ada lagi di tembok sepanjang 250 meter, Popoh dan pemuda setempat menuliskan dengan gamblang: “Jakarta Kelebihan Beban”.

  • Visualinsite – Jalan Artzimar, Bogor Utara

    Visualinsite – Jalan Artzimar, Bogor Utara

    Terlihat dengan jelas, mural yang menghiasi sepanjang tembok Sekolah Taman Kanak-Kanak Insan Kamil, Bogor, Jawa Barat. Ya memang, beberapa tembok sekolah taman-taman kanak-kanak selalu identik dihiasi oleh berbagai macam mural.

  • Deretan Visual Sepanjang Jalan Baru Ir. H. Djuanda, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

    Deretan Visual Sepanjang Jalan Baru Ir. H. Djuanda, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

    Keberadaan Jalan Ir. H.Juanda yang membentang sepanjang 4 km yang menghubungi Jalan Raya Bogor disisi Timur dan Jalan Margonda disisi Barat memberikan babak baru perkembangan transportasi kota Depok. Jalan dengan traffic lalu lintas kendaraan yang cukup padat ini dapat kita jumpai deretan graffiti, mural, poster, bahkan instalasi penjual kaca cermin. Warga di sepanjang jalan Juanda …

  • “Bekasi Butuh Seni”

    “Bekasi Butuh Seni”

    Exhibition ini diadakan pada tanggal 24 Desember 2016 kemarin yang dibuka pada pukul 17.00 WIB
    Sangat positif respon dari pengunjung yang hadir di event “Bekasi Butuh Seni” mereka mengharapkan event ini akan terus berlanjut dan semakin kreatif lagi.

  • Glued Street Sticker Party Merespon Ruang Dengan Sticker

    Glued Street Sticker Party Merespon Ruang Dengan Sticker

    Malam itu lebih tepatnya pada tanggal 5 Desember 2016, beberapa sekerumunan anak muda mudi sudah memadati teras hall A1 Gudang Sarinah Ekosistem demi menghadiri acara yang mereka tunggu-tunggu yaitu pembukaan Street Dealin X. Acara ini dibuka dengan pameran Glued Street Sticker Party, Glued adalah sebuah acara sederhana yang digagas oleh GARDUHOUSE untuk mengumpulkan karya dari teman-teman yang biasa mempropagandakan gagasan kreatifnya di ruang public melalui media sticker. Ada sekitar 965 sticker dari 47 kota dan 22 negara, dan itu masih terus bertambah selama acara Street Dealin X berlangsung.

  • Buah Proyek Bedah Kampung Kebayoran

    Buah Proyek Bedah Kampung Kebayoran

    Perhelatan Street Dealin ke-10 pada Desember, 2016, yang diinisiasi oleh Gardu House, sebuah kolektif Street Art Jakarta, mengusung tema “Sebuah Perayaan Eksistensi Kultur Seni Jalanan”. Terhitung ada lima rangkaian acara pada Street Dealin tersebut, yakni Lenscaps, Street Merchandising, Glued, By Your Run Camp Project, dan Big Bang Party. Salah satu yang menarik adalah By Your Run Camp Project atau “bedah kampung”, yaitu sebuah proyek menggambar bersama di salah satu pekampungan padat penduduk Kebayoran Lama, Jakarta.

  • Rumah Kosong Jadi Incaran. – Jl. M Khafi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan

    Rumah Kosong Jadi Incaran. – Jl. M Khafi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan

    Saat saya sedang bersepeda melintasi Jl. M Khafi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Saya melihat ada bangunan kosong setengah hancur, banyak coretan di dinding, graffiti, throw up, tagging. Bangunan kosong memang jadi incaran bagi pegiat street art, mereka bisa leluasa gambar di tempat tersebut tanpa harus menerima tekanan dari orang-orang di sekitarnya.

  • Visualinsite – Jl. Suripto, Mantrijeron, Yogyakarta

    Visualinsite – Jl. Suripto, Mantrijeron, Yogyakarta

    Masih di kota Yogyakarta, lebih tepatnya di Jl. Suripto, Mantrijeron banyak terdapat mural dan graffiti di tembok-tembok rumah warga yang berada di sekitar jalan tersebut. mengingat bahwa, kita dapat dengan mudah menjumpai mural dan graffiti di jalan-jalan di sekitar kota tersebut.

  • Visualinsite Jl. Veteran, Umbulharjo, Yogyakarta

    Visualinsite Jl. Veteran, Umbulharjo, Yogyakarta

    Terlebih lagi mural di tembok yang bertuliskan PSIM Anniversary 85th yang merupakan sebuah mural yang dibuat oleh para supporter pendukung kesebelasan PSIM di Yogyakarta. Mengingat bahwa para supporter ini kerap sekali membuat mural di jalan-jalan sekitaran Yogyakarta.  Ini merupakan bagian dari #visualinsite di jalan Veteran, Yogyakarta.