02/11/2018

Eko Nugroho dan Daging Tumbuh

“Jadi ketika saya gambar di dalam galeri pun, mural atau visual itu bukan milik saya. Bukan milik galeri, bukan milik siapa saja. Tapi orang bisa menikmati dengan momen. Nah, itu konsep yang saya bangun.” —Eko Nugroho
03/05/2018

Gerakan-Gerakan Sosial dan Street Art dalam Perbincangan dengan Robowobo

23 November 2017, Visual Jalanan mewawancarai RM. Herwibowo atau biasa dikenal dengan Robowobo (RB) di Studio Grafis Huru-Hara, Pancoran. Robowobo mulai bergiat di kesenian semenjak awal 2000an di kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun. Robowobo memilih pengaruh street art sebagai ide dalam berkaryanya selama ini. Bersama kawan-kawanya ia turut mendirikan Serrum, sebuah oganisasi nirlaba yang fokus dalam studi seni rupa dan pendidikan di Jakarta. Wawancara ini dilakukan oleh tim Visual Jalanan (VJ) yang terdiri dari Abi Rama (AR) dan Andang Kelana (AK) selama satu setengah jam yang ditranskrip oleh Wahyu Budiman Dasta “Walay” dan telah diselaraskan oleh Andang Kelana. Berikut adalah hasil wawancara kami dengan Robowobo.
27/03/2018

Digie Sigit: Repetisi Stensil Dalam Negosiasi (Ruang) Publik

Pada 13 Februari 2015 di iCAN (Indonesia Contemporary Art Network) di Kota Yogyakarta, tim Visual Jalanan (VJ) yang terdiri dari Abi Rama (AR) dan Ario Fazrien menemui Digie Sigit (DS), seorang seniman yang banyak membuat karya-karya stensil, dan juga karya performance art, zine, komik dengan tema-tema sosial. Selain itu ia juga membentuk grup musik elektronik Teknoshit. Berikut adalah hasil wawancara tim VJ dengan Digie Sigit. Wawancara ini ditranskrip oleh Wahyu Budiman Dasta “Walay” dan telah diselaraskan oleh Andang Kelana.
22/03/2018

Adit HereHere: Perbincangan Tentang Karya-karya Seni Jalanan di Yogyakarta

Februari 2015, Visual Jalanan berkunjung ke Yogyakarta untuk melakukan serangkaian wawancara dengan beberapa pegiat seni, kurator, seniman jalanan, yang aktif atau sempat aktif pada 1990-an hingga saat ini. Pada 9 Februari 2015 di sebuah hotel di selatan Kota Yogyakarta, tim Visual Jalanan (VJ) yang terdiri dari Rachmadi Rambo (RR), Hanif Alghifary, Abi Rama (AR), Yoyo Wardoyo (YW), Ario Fazrien, dan Denny Darmawan menemui Adit HereHere (AH), seorang seniman jalanan yang banyak membuat character style logos dalam karya-karyanya sejauh ini. Berikut adalah hasil wawancara tim VJ dengan Adit HereHere. Wawancara ini ditranskrip oleh Wahyu Budiman Dasta “Walay” dan telah diselaraskan oleh Andang Kelana.
22/02/2018

Qurbani Akbar (Ruben): Tentang Pameran Tunggal Pertamanya di Bali

Qurbani Akbar atau lebih akrab disapa Ruben, seorang street artist asal Banda Aceh yang baru-baru ini mengadakan pameran tunggal pertamanya di Art Villa Rumah Dua Tiga, Bali. Berikut adalah sedikit wawancara Andang Kelana melalui email pada 21 Februari 2018.
07/12/2017

Dari Taring Padi Hingga Jalanan bersama Yustoni Volunteero

Pada 11 Februari 2015 di kediaman S. Teddy Darmawan (ST), Yogyakarta, tim Visual Jalanan (VJ) yang terdiri dari Rachmadi (Rambo), Hanif Alghifary, Abi Rama (AR), Yoyo Wardoyo (YW), Ario Fazrien, dan Denny Darmawan menemui Yustoni Volunteero (YV), seorang seniman dan salah satu pendiri Taring Padi.
22/11/2017

Ideologi, Aktivisme, dan Stensil bersama Isrol Triono

Pada 5 Februari 2015 di Dongeng Kopi, Yogyakarta, tim Visual Jalanan (VJ) mewawancarai Isrol Triono (IT) yang dikenal juga sebagai pencetus Media Legal.
27/10/2017

Mural dan Spirit Komik bersama Bambang “Toko” Witjaksono

Visual Jalanan memulai riset tentang seni jalanan pada 2012 lalu dengan membuat sebuah jurnal online beralamat di www.visualjalanan.org dan akun instagram @visual.jalanan. Pada Februari 2015, tim Visual Jalanan berkunjung ke Yogyakarta untuk melakukan beberapa wawancara dengan beberapa pelaku seni, kurator, seniman jalanan yang aktif atau sempat aktif pada 1990-an hingga saat ini.
01/04/2015

Methodos: Masyarakat Punya Hak Mendapatkan Visual dan Pesan Yang Bagus

Yogyakarta – visualjalanan.org, Tim redaksi Visual Jalanan mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dan melakukan sesi wawancara bersama Vendy Methodos, seorang seniman asal Yogyakarta.
X